Pengalaman Beli Online di Tokopedia

Nah, kali ini saya akan berkisah pengalaman beli online melalui e commerse Tokopedia. Di sini saya baru saja memesan barang berupa tenda monodome untuk 2 orang. Maklum kami berencana akan mendaki gunung setelah lebaran #amin. Pertama yang saya persiapkan untuk beli online yaitu:
  •  Smartphone ( punya saya Lenovo a2010 dulu beli di Jd.Id) Plus quota internet ya hehe
  •  Token Internet Banking BNI (saya lagi malas transfer lewat ATM jadi pake Internet Banking)
  •   Buku rekening BNI (untuk konfirmasi pembayaran diminta nama dan nomor rekening)
Oke selanjutnya kita masuk ke situs https://m.tokopedia.com dan saya masuk ke situs melalui opera (bebas sih mau pakai browser lain juga bisa). Kemudian masuk ke situs. Jangan lupa saya bikin akun tokopedia, isi nama lengkap, nomor handphone, alamat email, kata sandi, gender dan tgl lahir. Klo tidak mau ribet daftar aja lewat google+, facebook atau twitter di dalam situs sudah tersedia kok. Bila sudah selesai tinggal LOG IN deh. Masukin email dan nama sandi yang dibuat tadi.

Setelah masuk, kita cari barang melalui keranjang belanja. Kita mau beli tenda caranya masuk atau search tulis nama barang yang dimaksud, nanti akan banyak pilihan tenda dengan harga yang bervariasi dan jenis tenda-tenda yg berbeda pula. Setelah menemukan tenda yang kita inginkan, kita klik tombol beli berada di bawah barang tersebut. Kemudian muncul menu baru, anda bila setuju tinggal KONFIRMASI pembayaran.

Nanti kita di situs tersebut muncul pilihan bank yang akan kita tuju untuk transfer tersedia pilihan pakai transfer atm atau pembayaran lainnya. Saya pilih transfer atm walau saya transfer via internet banking BNI. Muncul nomor rekening tokopedia dengan pilihan bank BRI BNI CIMB BCA dll. Saya pilih BNI karena punya saya BNI. Saat itu juga pihak tokopedia mengirim email ke kita mengirimkan nomor rekening yang hendak mau kita transferkan.

Nah, untuk transfer di tokopedia ini saat kita sudah setuju untuk membeli barang, tokopedia merinci harga barang dengan menambahkan 2 digit kode unik pada harga barang dan tidak lupa mencantumkan ongkir dan di sana ada pilihan kurir saya pakai kurir JNE Reguler (langganan saya). Kode unik ini berfungsi agar bisa mengidentifikasi transferan kita ya (kaleee).

Berikutnya kita diberi waktu 1x24 jam untuk konfirmasi pembayaran. Saya saat itu tidak menunggu sampai habis 24 jam. Saya langsung masuk transfer melaui internet banking BNI dan tidak mengeprint / screenshot transaksi transfer untuk bukti pembayaran ke tokopedia.

Masuk ke konfirmasi: Kita tinggal isi yang diminta, nominal yang telah ditransfer, nama dan nomor rekening kita dan hasil screenshot kita masukan/upload di menu yang diminta. Berikutnya akan ada tulisan selamat pembayaran sudah dikonfirmasi dan kita dapat email konfirmasi pembayaran. Selanjutnya kita tinggal menunggu keberadaan barang kita caranya bisa melihat track akun kita di dalam situs tokopedia. Selamat menunggu barangnya sampai rumah. Selamat mencoba sobat.

NB: Saat membuat akun dan selesai keamanan kami Cuma baru 80% karena belum verifikasi no handphone. Sebetulnya mudah untuk verifikasi nomor handphone tapi saat saya akan verifikasi untuk mendapat sms balik, nomor tujuan kami yang didaftarkan malah kurang satu digit pada nomor kedua dari akhir (yaitu kekurangan angka nol) dan itu kekurangan nomor digit hp kami berasal dari sistem otomatis tokopedia jadi tidak bisa diedit sendiri oleh kami. Mudah-mudahan kekurangan no digit ini tidak mengganggu keamanan akun saya sendiri.  

Pesanan Barang dari Tokopedia Belum Dikirim

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengalaman Beli Online di Tokopedia"

Posting Komentar