Naik Kereta Dari Bandung Menuju Banyuwangi Dan Sebaliknya

Bandung-Banyuwangi

Hallo semuanya! Kemaren Admin sudah menulis tentang naik kereta dari Jakarta menuju Stasiun Banyuwangi Baru. Nah sekarang bahas opsi kereta dari Bandung dan sebaliknya yah. Maklum backpacker dari warga Bandung tidak kalah banyak dari warga ibukota hehe. Nah dari Bandung juga tidak ada kereta yang langsung ke stasiun Banyuwangi Baru, So Sobat harus naik kereta satu kali transit di kota-kota yang sobat inginkan. Ok Cekidot!

Rute Kereta Bandung Banyuwangi via Jogja dan Malang

Rute Bandung Banyuwangi Transit Jogja

Rute yang menurut admin lebih singkat dari transit di Jogja adalah naik kereta Mutiara Selatan naik kelas Bisnis dan dilanjut naik kereta Tawang Alun. Bila ingin murah dan memang ingin berjalan-jalan dulu di Jogja ya naik kereta Kahuripan,  pagi pagi menikmati indahnya di jogja dan siangnya persiapan menyambung kereta Sri Tanjung. Bila ingin bermalam di Jogja sambil jalan-jalan malam dari Bandung naik kereta Pasundan dan esok harinya menyambung dengan kereta Sri Tanjung.

Rute Bandung - Banyuwangi via Malang

Kereta yang memiliki jeda agak pendek yaitu sekitar 5 jam so direkomendasikan naik kereta Mutiara Selatan lalu disambung Tawang Alun.  Bila tidak terikat waktu maka naiklah kereta Malabar lalu menunggu kereta Tawang Alun sekitar 9 jam-an.  Sobat bisa membunuh waktu dengan jalan-jalan sebentar di kota Malang. Malabar dengan tiket ekonomi lebih murah dibanding naik kereta Mutiara Selatan kelas Bisnis di atas.

Bandung - Banyuwangi via Surabaya

Berikut jadwal keberangkatan sebaliknya




Rute Pulang Banyuwangi-Bandung via Jogja

Transit ke jogja memang harus main-main dulu atau jalan-jalan dulu di Jogja karena kereta sambungan ke Bandungnya sudah duluan pergi jadi harus nginap dulu di Jogja terserah mau tidur di mesjid atau di penginapan hmm.  Intinya jalan-jalan dulu saja setelah menginap baru esok siangnya menyambung ke kereta Pasundan atau Kahuripan.

Rute Pulang Banyuwangi-Bandung via Malang

Rute Kereta yang ingin cepat menyambung pada hari itu juga yaitu naik kereta Tawang Alun disambung naik kereta Malabar ekonomi atau naik kereta Mutiara Timur Malam/Siang. Harga tiket kereta di atas lumayan tidak murah tapi bisa hari itu menyambung keretanya ke Bandung.

Rute Pulang Banyuwangi-Bandung via Surabaya

Perjalanan yang tidak terlalu menunggu dari Surabaya yaitu naik kereta mutiara malam lalu dilanjut kereta Pasundan dengan jeda 4 jam-an dan harga tiket dari kedua kereta lebih murah dibanding kereta lainnya yang bersambung via Surabaya.

Demikian ulasan tentang ulasan dari admin semoga bermanfaat bagi sobat-sobat yang ingin ke banyuwangi baru dengan naik kereta. Salam sepur backpacker!


*Jadwal dan tiket disadur dari situs KAI update 1 April 2017

Baca juga: Naik kereta dari Jakarta ke Banyuwangi dan sebaliknya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »