Naik Kereta Dari Jakarta Menuju Banyuwangi Dan Sebaliknya


Nah, Berhubung tidak ada kereta yang langsung dari Jakarta ke Banyuwangi, jadi sobat harus naik kereta dua kali untuk sampai ke Banyuwangi. Kali ini admin akan memberikan pilihan kereta rute Jakarta Banyuwangi. Admin lebih memilih jadwal kereta kelas ekonomi karena kelas ekonomi itu admin banget deh dan ada sebagian yang di ambil bisnis untuk kereta Mutiara Timur dengan harga bisnis tertinggi tapi murah juga kok. 
Dimulai dari Pasar Senen, Jakarta

Sepur Backpacker dimulai dari stasiun Pasar Senen. Di sini khusus untuk kereta kelas ekonomi. Oke sobat yang hendak ke Banyuwangi Bali bisa memilih jalur lewat Jogja, Malang atau Surabaya. Berikut Rute Jakarta Banyuwangi dengan transit-transit di 3 kota yang berbeda. 

Merek-Merek Outdoor Lokal Asli Indonesia

Transit di Stasiun Lempuyangan, Jogjakarta
Rute Jakarta-Jogja-Banyuwangi (Jadwal Terbaru 1 April 2017)
Sobat yang berasal dari Jogja atau ingin menyambung kereta di Jogja maka harus transit di stasiun Lempuyangan, Jogjakarta. Waktu yang tidak terlalu lama atau tidak terlalu mepet adalah naik kereta Bogowonto menuju ke Banyuwangi. Bila memakai kereta Progo sangat beresiko tertinggal karena ada keterlambatan dari kereta sebelumnya. Jeda naik Progo Sritanjung hanya punya jeda 20 menitan.

Transit di Stasiun Malang
Rute Jakarta Malang Banyuwangi (Jadwal terbaru 1 April 2017)
Rekomendasi transit via malang menuju Banyuwangi adalah kereta Majapahit walaupun tiketnya lebih mahal di banding kereta Matarmaja. Tapi bila seorang backpacker sejati mah lebih baik cari yang murah aja ya,  lama atau gaknya belakangan kalo tidak terikat waktu ya naik Matarmaja+Tawang Alun yang ongkosnya termurah dari 2 kereta lainnya (Jayabaya dan Majapahit.

Transit di Stasiun Surabaya Gubeng
Jakarta Surabaya Banyuwangi (Jadwal terbaru 1 April 2017)
Rekomendasi untuk menyambung kereta via transit di Surabaya adalah kereta Gaya Baru Balam (GBM) di lanjut naik kereta Probowangi dengan jeda 3 jam. Alternatif lainnya bisa naik kereta Jayabaya dan disambung naik kereta Probowangi juga dengan jeda 4 jam. Probowangi sepertinya kereta yang pas buat backpacker dari Jakarta.

Arah pulangnya agar lihat gambar di bawah ini:

Rute Pulang Banyuwangi Jakarta via Jogja dan via Malang
Rute transit via Jogja dan Malang (Jadwal terbaru 1 April 2017)
Rute Pulang dari Banyuwangi ke Jakarta via Surabaya
Rute transit via Jogja dan Malang (Jadwal terbaru 1 April 2017)
Untuk pulangnya direkomendasikan naik kereta transit via Malang yaitu naik kereta Tawang Alun dan di lanjutkan naik kereta Matarmaja yang lebih murah ongkosnya. 

Untuk transit Surabaya direkomendasikan naik kereta Sritanjung dan dilanjutkan naik kereta Jayabaya dengan jeda yang lumayan riskan hanya 1 jam kurang.

"Menurut Admin bila hendak backpackeran dari Jakarta ke Banyuwangi hendaknya naik kereta  via Surabaya yaitu Gaya Baru Malam Selatan dan kereta Probowangi dan saat pulangnya dari Banyuwangi ke Jakarta pilih via Malang yaitu kereta Tawang Alun dan Matarmaja. Admin lebih memilih rute yang berbeda karena alasan dari ongkosnya yg lebih murah cucok untuk seorang backpacker". 

Demikian penjelasan dari Admin tentang kereta jurusan Jakarta Banyuwangi transit via Jojga Malang atau Surabaya, semoga bermanfaat untuk sobat backpacker tanah air. Wassalam..

Lihat juga Naik kereta dari Bandung menuju Banyuwangi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

12 comments

comments
Aug 25, 2016, 3:53:00 PM delete

lah w bacanya puyeng amat yh.. coba min minta tolong yg intinya ga lama nunggu kereta yg kebanyuwangi .. apalgi sampai ngindep distasiun

Reply
avatar
Aug 25, 2016, 10:38:00 PM delete

Sori gan klo bikin pusing hehe. Liat jadwal pada gambar di atas aja gan

Reply
avatar
Sep 5, 2016, 3:14:00 AM delete

good men, cuma kelamaan nunggu men. alternatif pas tiba di langsung berangkat ada men. prepare juga nih pengen kesana

Reply
avatar
Sep 6, 2016, 9:42:00 AM delete

koreksi gan, maaf sebelumnya jika saya salah, kereta matarmaja tujuan jakarta - malang brkt jam 15.15 - 07.50, kereta tawang alun tujuan malang - banyuwangi baru brkt jam 15.55 - 23.30

jadi jedanya kurang lebih 8 jam

Reply
avatar
Sep 6, 2016, 5:52:00 PM delete

Iya kereta ekonomi ada perubahan jadwal kembali setelah saya cek di kai acces. So jadwalnya gak pernah baku dari waktu ke waktu. Thank gan koreksinya

Reply
avatar
Sep 6, 2016, 5:54:00 PM delete

Iya gan, kita jg pengen biaya murah terus pas nyambung kereta gak kelamaan hehe

Reply
avatar
Nov 23, 2016, 2:36:00 PM delete

Ada yg mau bareng ga ke bali untuk naik gunung agung.. berangkat dr jakarta 7 des2016.

Kayaknya pilih yg transit di mlang

Reply
avatar
May 14, 2017, 8:23:00 PM delete

biaya brp tuh kira2 ke bali?

Reply
avatar
May 15, 2017, 1:39:00 AM delete

Ongkos termurah dan langsung nyambung hari itu juga yaitu
Dari Senen Ke Surabaya Gubeng naik GBM 104rb+ Gubeng-Banyuwangi naik Probowangi 56rb=160rb.

Baliknya Banyuwangi-Malang-Senen, naik Tawang Alun 62rb+Matarmaja 109rb=171rb

Total=160+171=331rb PP

Reply
avatar