Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H/ 25 Juni 2017

Mohon maaf lahir dan bathin untuk para sobat, keluarga, pacar, eks pacar, sahabat pacar, kerabat kerja, teman kecil, teman waktu besar, teman ketemu saat traveling, sahabat pendaki, partner traveling, teman tetangga dan seluruhnya ya maaf tidak bisa disebutkan semuanya. Dengan hari raya ini semoga kita diberi kesehatan baik jasmani maupun rohani dan diberikan umur yang panjang



Hari raya saat dari kemarin-kemarin dan sampai sekarang seperti biasa. List yang harus dilakukan di saat hari raya:

1. Shalat Idul Fitri

Wajib banget shalat Idul Fitri. Walau pun shalat Id hukumnya sunah muakkad tapi menurut saya wajib. Kenapa wajib? Karena kalo belum shalat Id terasa bukan Idul fitri lho. Keuntungan salat Id kita bisa saling bersalaman dengan seluruh warga kampung dan saling bermaaf-maafan. Mau ke tiap rumah warga bersalaman gara-gara tidak shalat Ied? hihi,  ya mending saat di mesjid aja ya, kenal gak kenal kita tetap bersalaman dan bermaafan. Walau tidak ada yang ngabsen saat ke mesjid, ya itu kesadaran dari diri masing-masing apakah masih perlu shalat Id atau tidak hhe.

2. Mengunjungi keluarga dan kerabat.

Ini nih yang berat seperti saya yang tidak suka basa-basi, mengunjungi kerabat baik keluarga atau pun bukan keluarga. Siapkan mental dengan pertanyaan-pertanyaan yang menurut mereka ya sebagai situasi bagaimana agar ada keakraban dan kehangatan saat dikunjungi sedangkan bagi saya itu pertanyaan yang hanya perlu di jawab dengan senyuman saja. Contoh pertanyaan basa basi yang bikin gimana gitu, tahukan pertanyaannya? Hehe

3. Memberi angpao.

Enak banget kalo punya uang banyak,  gak usah uang banyak deh punya uang cukup,  gatel nih tangan pengen ngasih duit recehan ke ponakan-ponakan yang lucu-lucu. Alhamdulillah sekarang sudah bisa ngasih angpao buat ponakan, semoga rezeki lancar terus ya. Anak-anak mah di kasih uang baru yang seger-seger recehan saja mereka senang kok hhe, berbeda dengan orang dewasa ya yang cenderung melihat nominal hhe.

4. Nyicip makanan dari tiap rumah.

Ingat jangan banyak makan di tiap rumah yang dikunjungi, nanti kalo kekenyangan saat sampai di kunjungan berikutnya gimana? Nanti sobat gak bisa makan lagi karena kekenyangan. Ingat kalo kita gak makan di tempat kerabat yang dikunjungi bisa jadi kurang sopan lho, minimal kita minum dulu air yang telah disediakan, setelah itu terserah sobat deh hhe. Jadi icip-icip lah makanan sekedarnya di tiap rumah yang dikunjungi ya sob.

5. Ziarah Kubur

Kalo ziarah kubur Iedul fitri, saya merasa hukumnya sunah saja, bila ada yang mengajak ke kuburan pasti saya jalan kok. Saya akan berkunjung ke kuburan kalo dirasa kuburan tersebut sudah penuh rumput liar, nanti akan saya bersihkan.

6. Berkunjung ke tempat wisata terdekat.

Pengen banget mengunjungi tempat wisata terdekat, cuma jalanan masih macet setelah selesai shalat Ied. Jadi masih tertunda untuk rencana ke tempat wisata terdekat.

Demikian list atau daftar yang harus dilakukan saat Idul Fitri di kampung saya, bagai mana di kampungmu?





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »